Minggu, 05 Agustus 2007

Everton Bidik Lucho

 Tidak mau kalah dengan klub-klub Liga Premier Inggris lainnya yang berbelanja di bursa transfer musim panas ini, Everton tidak mau ketinggalan ikut ambil bagian. Sampai saat ini The Toffees baru mengoleksi dua pemain anyar.

Pemain multi-posisi Phil Jagielka jadi satu-satunya pemain yang dibeli dengan harga transfer senilai 4 juta pound. Sementara satu pemain lainnya adalah Steven Pienaar yang dipinjam selama satu musim penuh dari klub Bundesliga, Borussia Dortmund.

Itu saja masih belum cukup karena pemain yang menjadi sasaran utama sesungguhnya belum didapat. Satu pemain yang menjadi target utama adalah gelandang internasional Argentina, Luiz "Lucho" Gonzalez. Untuk memperoleh gelandang berusia 26 tahun itu, Everton melayangkan tawaran sebesar 11 juta pound atau Rp 206,8 miliar. Bujet yang disipkan untuk guna memboyongnya dari FC Porto.

Moyes melihat performa Gonzalez pantas diperebutkan karena selain Everton ada dua klub yang juga mengincar tanda tangannya. Satu klub Italia, Juventus dan jawara Prancis, Olympique Lyonnais dipercaya menaruh minat pada pemain yang turut dibawa pelatih Tim Tango, Alfio Basile ke Copa America bulan lalu.

Menurut BBC, Everton saat ini bersikeras untuk menunggu respons dari tawaran mereka. Jika Gonzalez sampai jadi bergabung di Goodison Park maka rekor transfer klub yang dipegang Andrew Johnson akan terlampaui. Johnson dibeli dari Crystal Palace musim lalu senilai 8,6 juta pound.

Gonzalez selama dua musim kemarin merupakan penghuni tetap starting line-up sekaligus aktor sentral di lini tengah dan sosok dibalik kesuksesan Porto. Selain Gonzalez, Everton yang musim depan tampil di Piala UEFA juga tengah bersaing ketat dengan Newcastle United untuk memperoleh bek Wigan Athletic, Leighton Baines.

Untuk memperpoleh Baines, The Toffees menyiapkan bujet kurang dari setengah fee buat Gonzalez atau tepatnya senilai 5 juta pound (Rp 94 miliar). Baines dipercaya pada akhirnya akan segera bergabung dengan Phil Neville dkk sebelum tenggat waktu transfer pada 31 Agustus, juga dengan harapan yang tidak kalah besarnya untuk menuntaskan transfer Gonzalez.

0 komentar: