Minggu, 09 September 2007

Inggris Ungguli Israel 3-0


SWPGarethBarry-bbcLondon - Inggris tampil meyakinkan saat menjamu Israel dalam lanjutan kualifikasi Euro 2008. Meski dihantam cedera pemain The Three Lions meraih kemenangan telak 3-0.

Kemenangan ini mengantar Inggris naik dua peringkat ke posisi dua klasemen Grup E dengan poin 17 atau tertinggal satu poin dari Rusia yang pada pertandingan lain juga menang 3-0 atas Maccedonia. Namun posisi John Terry cs bisa kembali turun ke urutan tiga jika Kroasia mampu menundukkan Estonia yang baru akan bertanding beberapa jam lagi.

Sementara Israel kini turun ke posisi empat dengan koleksi poin 17. Peluang melangkah ke Autria-Swis pun makin kecil karena mereka sudah melakoni sembilan pertandingan, sementara Inggris, Russia dan Kroasia baru delapan laga.

Meski di klasemen Grup E Israel berada di posisi dua klasemen dan unggul dua strip atas Inggris, namun di Wembley, Sabtu (8/9/2007), yang terjadi jauh berbeda. Dihantui banyak cedera pemain, Inggris tampil sangat dominan dengan mengandalkan duet striker Michael Owen dan Emile Heskey.

Di awal pertandingan saja Heskey punya dua peluang. Tendangannya dari dalam kotak penalti meneruskan umpan pendek Owen melayang jauh di atas mistar, sementara tandukannya mencoba menyambar tendangan sudut Steven Gerrard melenceng dari sasaran.

Tekanan demi tekanan yang dilancarkan tuan rumah baru membuahkan hasil di menit 20. Crossing Joe Cole dari sisi kiri ke tiang jauh berhasil disambar Shaun Wright Phillips yang lolos dari jebakan offside, 1-0 Inggris memimpin.

Setelah tendangan Ashley Cole dimentahkan kiper Dudu Aouate, dua gempuran Inggris lainnya melalui Owen juga urung berujung gol. Mendapat bola dari Joe Cole di muka gawang, sepakan Owen dari jarak dekat membentur wajah Aouate, sementara bola rebound yang disambarnya cuma melayang ke atas mistar gawang.

Usaha menggandakan keunggulan baru tercipta di lima menit babak kedua. Melepaskan tendangan dari luar kotak penalti sambil membalikkan badan, Owen membuat publik Wembley bergemuruh saat bola sepakannya bersarang di kanan atas jala Israel.

Memasuki menit 66 Inggris menambah jumlah golnya, kali ini nama Micah Richards yang tercatat di daftar pencetak gol melalui tandukan kepalanya meneruskan tendangan bebas Gareth Barry.

Jelang akhir pertandingan Owen nyaris mencetak gol keduanya. Lolos dari kawalan bek lawan, Owen sukses melewati kiper Dudu Aouate, sayang sepakan mendatarnya ke gawang yang kosong bisa diantisipasi Yossi Benayoun.

Susunan Pemain
Israel: Dudu Aouate, Tal Ben-Haim, Ariel Benado (Golan '57), Shimon Gershon, Yuval Spungin, Yoav Ziv, Walid Badir, Yossi Benayoun, Idan Tal, Barach Itzhaki (Tamuz '46), Yaniv Katan (Zandberg '73)

Inggris: Paul Robinson, Ashley Cole, Rio Ferdinand, Micah Richards, John Terry, Gareth Barry, Joe Cole, Steven Gerrard (Neville '71), Shaun Wright-Phillips (Bentley '83), Emile Heskey (Johnson '73), Michael Owen

0 komentar: