Minggu, 08 Juli 2007

Piala Asia 2007: Thailand Tahan Irak 1-1

 Bangkok - Thailand dan Irak harus puas dengan hasil 1-1 di pertandingan perdana Piala Asia 2007 di Rajamangala Stadium, Sabtu (7/7/2007). Tim Negeri Gajah Putih sempat memimpin lebih dulu, namun gagal mempertahankan keunggulan.

Thailand dan Irak pun berkongsi satu angka di Grup A. Sementara pertandingan lainnya di grup yang sama yakni antara Australia dan Oman baru akan dimainkan besok.

Thailand mengawali pertandingan dengan sangat meyakinkan. Baru lima menit berjalan, tuan rumah sudah unggul lewat penalti Sute Suksomkit. Wasit Jong-chul Kwon menunjuk titik putih setelah Ali Rehema menjatuhkan Kiatisuk Senamuang dikotak penalti.

Irak yang merasa sangat dirugikan dengan keputusan wasit, langsung bermain lebih agresif. Pada menit ke-10 tendangan keras Salih Sadir dari luar kotak penalti ditepis Kosin Hathairattanakool. Demikian juga lima menit selanjutnya, tendangan keras Younis Khalef dari sudut sempit gagal di tangan sang kiper.

Penjaga gawang yang sempat menjadi andalan Persib Bandung itu benar-benar menjadi pahlawan Thailand di pertandingan ini. Bola yang terlihat sulit diantisipasi seperti overhead kick oleh Tawan Sripan, ternyata sempat juga ditinjunya.

Namun ketangguhan Kosin terhenti di menit ke-32. Berawal dari sebuah tendangan bebas Salih Sadir, bola lambung disundul Younis Khalef melewati kepalanya. Gol ini menunjukkan bagaimana Irak memanfaatkan keunggulan tinggi badannya.

Setelah kedudukan imbang 1-1, Thailand mencoba balik menekan. Peluang kembali diperoleh lewat Sutee Suksomkit di menit ke-36. Namun tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih tepat ke pelukan Sabri.

Di babak kedua Thailand lebih berani melepaskan tendangan-tendangan dari jarak jauh. Ini memang pilihan terbaik, setelah berkali-kali serangan yang dibangun lewat umpan lambung dan umpan terobosan selalu mentah.

Namun demikian, peluang yang benar-benar berpotensi menghasilkan gol, tak kunjung datang. Baru saat memasuki lima menit terakhir, Thailand menekan pertahanan Irak. Tiga kali sepak pojok dan sekali tendangan dari luar kotak penalti berhasil diamankan Sabri. Akhirnya kedudukan 1-1 pun bertahan sampai pluit panjang berbunyi.

Sumber : BeritaBola.Com

0 komentar: